BlogPendidikan.net - Pada dasarnya pembelajaran ialah sebuah metode instruksional yang mengacu pada seperangkat komponen yang salaing bergantung satu sama lain untuk meraih suatu tujuan pembelajaran.
Berikut 10 Komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran ialah selaku berikut :
1. Guru
Guru merupakan pelaku utama dalam pembelajaran tanpa adanya seorang guru pemeblajaran tidak akan dapat berlangsung, sehingga dalam hal ini guru menjadi salah satu unsur yang paling penting. Pembelajaran dibilang sukses bila seorang guru bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik dan efektif, dan seorang guru dapat melaksanakan rekayasa atau dimanipulasi komponen lain supaya menjadi berfariasi. Sementara dalam melaksanakan rekayasa pembelajaran, seorang guru harus berdasar pada kurikulum yang berlaku.
2. Peserta didik
Peserta ajar ialah komponen yang melaksanakan aktivitas berguru untuk menyebarkan peluangkemampuan menjadi nyata guna meraih tujuan mencar ilmu. Peserta asuh pun ialah komponen penting dalam pembelajaran alasannya adalah adanya penerima latih yang akan belajaran membuat pembelajaran akan menjadi interaktif antara guru dan peserta latih tersebut.
3. Tujuan
Tujuan dam pembelajaran ialah bagian yang penting, karna dengan adanya tujuan tersebut pembelajaran akan lebih terprogram supaya mampu tercapai. Tujuan juga menjadi dasar yang dijadikan landasan untuk menentukan seni manajemen, bahan, media, dan penilaian pembelajaran. Dalam strategi pembelajaran, penetuan tujuan ialah bagian yang pertama kali mesti dipilih oleh seorang guru, karena tujuan pembelajaran menjadi target yang ingi diraih dalam kegiatan pembelajaran.
4. Bahan pelajaran
Bahan pelajaran yaitu unsur kedua dalam sistem pembelajaran. Dalam konteks tertentu, materi pelajaran ialah inti dalam proses pembelajaran. Artinya, sering terjadi proses pembelajaran diartikan selaku proses penyampaian materi. Ada dua problem dalam penguasaan bahan pelajaran, yaitu penguasaan materi pelajaran pokok dan materi pelajaran tambahan.
Penguasaan bahan pelajaran pokok ialah materi pelajaran yang menyangkut bidang studi yang dipegang oleh guru sesuai dengan profesinya (disiplin keilmuannya). Sedangkan bahan pelajaran aksesori adalah materi pelajaran yang dapat membuka pengetahuan seorang guru semoga dalam mengajar dapat menunjang penyampaian materi pelajaran pokok. Dalam bahan asuh mesti disesuaikan dengan materi pelajaran pokok yang dipegang agar dapat memperlihatkan motivasi kepada sebagian besar atau semua anak latih.
5. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar ialah inti aktivitas dalam pendidikan. Segala sesuatu yang sudah diprogramkan akan dilakukan dalam proses belajar mengajar. Dalam aktivitas berguru mengajar akan melibatkan semua bagian pengajaran, aktivitas mencar ilmu akan memilih sejauh mana tujuan yang sudah ditetapkan mampu diraih. Agar tujuan pembelajaran mampu dicapai secara maksimal, maka dalam memilih taktik pembelajaran perlu dirumuskan unsur aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pembelajaran. Dalam kegiatan pemebelajaran disini mencakup proses interaksi antara guru dan peserta latih
6. Metode
Metode yakni cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Keberhasilan pembelajaran akan sungguh dipengaruhi oleh penyeleksian metode yang baik dan benar sesuai dengan kondisi, keadaan akseptor didik. Tidak akan mungkin seorang guru mampu melaksanakan pembelajaran tanpa adanya metode yang dipakai.
7. Alat
Alat yang dipakai dalam pembelajaran merupakan sesuatu yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran alat mempunyai fungsi selaku perhiasan. Alat dapat dibedakan menjadi dua yakni alat lisan mencakup suruhan, perintah, larangan dan lain-lain dan yang kedua yakni alat non verbal meliputi globe, peta, papan tulis slide dan lain-lain.
8. Sumber mencar ilmu
Sumber belajar ialah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat atau rujukan dimana bahan pembelajaran bisa diperoleh. Sumber berguru dapat dieroleh dari masyarakat, lingkungan dan kebudayaan. Sumber berguru
9. Evaluasi
Evaluasi adalah komponen yang berfungsi untuk mengenali apakah tujuan yang sudah ditetapkan telah tercapai atau belum. Evaluasi dalam pembelajaran berfungsi sebagai umpan balik sejauh mana siswa sudah mampu mengikuti pembelajaran dengan baik yakni salah satunya mampu dengan menggunakan tanya jawab kepada siswa atau juga memberi soal terkait bahan yang talah diajarkan, selaian itu penilaian juga sebagai umpan balik untuk perbaikan strategi yang telah dipraktekkan.
10. Situasi atau lingkungan
Lingkungan yang akitannya dengan proses pembelajaran adalah suasana dan keadaan fisik (misalnya iklim, sekolah, letak sekolah dan lain-lain) dan kekerabatan antar sesama teman contohnya dengan sobat dan dengan orang lain.
Demikian perihal 10 Komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran, Semoga berguna dan terima kasih.
Sumber https://www.blogpendidikan.net/
Thanks for reading 10 Unsur Yang Terdapat Dalam Proses Pembelajaran
No comments:
Post a Comment